Perkembangan Web Periode Ketiga & Sekilas Tentang Google Drive

Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web Semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Web 3.0 terdiri dari :
  1. Web semantik
  2. Format mikro
  3. Pencarian dalam bahasa pengguna
  4. Penyimpanan data dalam jumlah besar
  5. Pembelajaran lewat web
Salah satu yang ingin saya bahas adalah penyimpanan data dalam jumlah besar yaitu Google Drive. Google drive adalah sebuah layanan penyimanan yang dimiliki oleh Google yang dikeluarkan pada 24 April 2012. Layanan yang tersedia di google drive peyimpanan secara online. Dengan fitur yang sama seperti Dropbox, yaitu mengsinkronisasi data melalui folder khusus di dalam dekstop.

Kalau belum terbayang akan saya kasih contoh. Misalnya saat anda tiba di rumah sehabis bekerja, tiba-tiba bos anda menelepon. Lalu, bos anda meminta data detail mengenai proyek yang sedang anda kerjakan. Tapi anda tidak bisa memberikannya dikarenakan datanya ada di komputer kantor, sehingga anda tidak bisa mengakses data yang diminta bos anda. Padahal saat itu bos anda sedang sangat membutuhkannya.

Nah..coba anda bayangkan bila anda berada dalam kondisi seperti di atas. Apa yang akan anda lakukan??. Apakah anda akan balik lagi ke kantor?? Padahal anda baru saja sampai di rumah. Bisa saja anda balik lagi ke kantor, tetapi betapa capeknya dan tidak efektifnya bila anda melakukan itu.

Lalu bisa saja anda berpikir, “coba saya bisa mengakses data-data kapanpun dan dimanapun”. Dan disinilah fungsi layanan seperti Google Drive akan sangat berguna.

Dengan Google Drive anda bisa mengakses data-data anda melalui gadget pribadi anda seperti Komputer PC, laptop, tablet, maupun smartphone dimanapun dan kapanpun selama anda terhubung dengan internet.

Ø  Keunggulan Layanan Google Drive
1.    Tersedianya layanan penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.
2.    Google drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya.
3.    Mendukung berbagai platform termasuk Apple dan Microsoft
4.    Mendukung berbagai jenis file.

Ø  Kelemahan Layanan Google Drive
1.    Jika ingin meyimpan lebih dari 5GB akan dikenakan tarif berbayar.

2.    Harus memiliki akses internet jika ingin menyimmpan data.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehidupan Sosial Negara Meksiko

KESAKTIAN PANCASILA

Suku Kajang Bulukumba