KESAKTIAN PANCASILA



Pancasila……Apa yang kalian tahu tentang Pancasila?...ya pancasila adalah merupakan lambang Negara Indonesia. Gak heran sih kalau perjalanan bangsa Indonesia tercatat berbagai peristiwa sejarah tentang lambang Negara kita ini. Selain kita dengar Pancasila kita juga harus tahu hari kesaktian pancasila. Apasih hari kesaktian pancasila itu?, Hari kesaktian pancasila adalah hari dimana bangsa Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia atau yang kita bisa sebut PKI. Pasti kita pernah mendengar peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI, pada hari itu menyebabkan banyak jatuhnya korban dari kalangan militer Indonesia. Para militer tersebut ditetapkan menjadi pahlawan revolusi, karena sudah memperjuangkan Negara Indonesia dari serangan PKI. Pada tanggal tersebut juga pemberontak dari PKI berhasil menguasai dua sarana komunikasi yaitu RRI Pusat dan Pusat Telekomunikasi masing masing di jalan Merdeka Barat dan Jalan Merdeka Selatan. Melalui RRI pemberonntak mengumumkan tentang terbentuknya “Dewan Revolusi” di pusat pusat daerah.
                Setelah adanya tindakan PKI dengan G 30 S/PKI-nya tersebut, maka keadaan di seluruh tanah air menjadi kacau. Rakyat berada dalam keadaan kebingungan, sebab tidak diketahui di mana Pimpinan Negara berada. Demikian pula halnya nasih para Pemimpin TNI AD yang diculikpun tidak diketahui bagaimana nasib dan beradanya pula. Dan kini pun setelah tujuh puluh satu tahun perjalanan bangsa Indonesia, Pancasila telah banyak mengalami batu ujian dan dinamika sistem politik, mulai zaman Orde Lama dengan demokrasi parlementer, zaman Orde Baru dengan demokrasi terpimpin hingga Orde Reformasi saat ini dengan demokrasi multipartai.
Tapi Pancasila tetap eksis di bumi Nusantara ini, namun dewasa kini kita perhatikan, Pancasila hanya dijadikan pajangan ditiap ruang-ruang kerja tanpa ada penghayatan dan pengamalan makna dari Pancasila tersebut.  Dan mulai saat inilah tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasia. Setiap tahun kita sebagai bangsa Indonesia harus menghargai pada saat hari kesaktian Pancasila, karena kita harus berterima kasih dengan pada revolusi yang telah menyelamatkan bangsa kita dari partai-partai komunis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehidupan Sosial Negara Meksiko

Suku Kajang Bulukumba