Kehidupan Sosial Negara Meksiko



KEHIDUPAN SOSIAL NEGARA DUNIA
”MEKSIKO”



Alfian Fauzi Pratama (50415507)
1IA03

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2015


  
BAB I
PENDAHULUAN

Meksiko adalah sebuah Negara Konstitusi Republik federal di Amerika Utara. Bagian Utara berbatasan dengan Amerika Serikat; bagian Selatan dan Barat berbatasan dengan Lautan Pasifik; sebelah Tenggara dengan Guetamala, Belize dan Laut karibia; dan bagian sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Meksiko. Meksiko merupakan negara terbesar peringkat ke-5 di Amerika berdasarkan total area dan merupakan negara mandiri terbesar peringkat ke-14 di dunia, peringkat ke-11 sebagai negara terpadat dengan populasi Hispanik terbanyak.
Meksiko merupakan negara federasi yang terdiri dari Tiga Puluh Satu negara bagian dan sebuah distrik federal yaitu, ibukota. Meksiko menempati urutan kelima di dunia dan pertama di Amerika dengan jumlah Situs Warisan Dunia UNESCO sebanyak 31 situs dan pada tahun 2007 Meksiko merupakan negara yang paling banyak di kunjungi dengan rata-rata kedatangan internasional sebanyak 21.4 Juta orang. Pada tahun 2011 Meksiko merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan lebih dari 22 juta kedatangan internasional.
Nama Resmi: United States of Mexico
  • Ibu Kota: Mexico City
  • Luas Wilayah: 1,964,375 km2
  • Populasi: 112,336,538 orang (57,481,307 wanita dan 54,855,231 pria)
  • Mata Uang: Mexican Peso (MXN)
  • Bahasa: Spanyol
  • Hari Nasional: 16 September.
  •  
     
     
BAB II
PEMBAHASAN

Jika mendengar kata Meksiko sebagian dari kita mungkin akan muncul persepsi dari negara ini. Ada yang langsung teringat dengan sejarahnya, karya seninya bahkan telenovelanya yang laris manis. Kebanyakan penduduk Meksiko saat ini berbicara menggunakan bahasa Spanyol. Sementara, Meksiko tidak memiliki bahasa resmi negara. Saat penjajahan, Spanyol memaksa penduduk Meksiko menggunakan bahasa mereka. Saat itu di Meksiko terdapat sekitar 62 bahasa asli seperti Aztec, Nahuatl, dan Maya. Meksiko juga memiliki beragam suku. Identitas mereka terbentuk dari gabungan antara budaya Eropa dengan budaya suku asli. Penduduk suku asli Meksiko dapat dikenali dari bahasa, dimana setiap suku asli memiliki bahasanya sendiri sehingga terdapat 62 bahasa suku asli di negara tersebut. Menurut sensus di 2010, sekitar 14,86% populasi Meksiko mengaku bahwa mereka penduduk asli.
 Mayoritas imigran Meksiko berasal dari Amerika Serikat dengan jumlah mencapai 1 juta imigran di tahun 1999. Imigran terbesar kedua berasal dari Argentina, dengan perkiraan sekitar 30.000 – 150.000 penduduk. Imigran lainnya berasal dari Ekuador, Kuba, Cina, Afrika Selatan, dan Pakistan. Selain itu, kebanyakan penduduk Meksiko melakukan imigrasi ke Amerika Serikat. Pada 2014, terdapat sebanyak 11,6 juta penduduk Amerika Serikat yang ternyata keturunan Meksiko.Yang menarik, terdapat cukup banyak keturunan Lebanon di Lebanon. Sekitar 400.000 penduduk Meksiko merupakan keturunan Lebanon.
Mayoritas penduduk Meksiko beragama katolik dengan jumlah hampir 90 persen penduduk. Meski begitu, kebanyakan penduduk Meksiko masih melibatkan elemen suku asli mereka (entah itu Maya, Aztec, Zapotec, dll) sebagai bagian ritual. Agama terbesar kedua adalah Protestan yang dianut sekitar 6 persen penduduk. Selain Katolik dan Protestan, agama lainnya seperti Islam, Yahudi, dan Buddha menjadi agama yang terus bertumbuh di Meksiko.


Budaya Meksiko mengalami banyak perkembangan sepanjang beberapa dekade terakhir. Meksiko awalnya menjadi lokasi berbagai peradaban misterius sebelum akhirnya dijajah oleh Spanyol. Hampir 50% populasi Meksiko tinggal di perkotaan, akan tetapi penduduk desa tetap berperan penting pada perkembangan budaya Meksiko.
Berbagai peradaban yang lebih maju, seperti Olmec, Toltec, Teothuacan, Zapotec, Maya, dan Aztec, sempat tumbuh dan berkembang di Meksiko. Adanya invasi kerajaan Spanyol atas Meksiko kemudian menghancurkan peradaban tersebut hingga akhirnya beberapa wilayah Meksiko berhasil memisahkan diri dari pendudukan Spanyol.

Gambar 2.1 Suku Maya
Adapun makanan khas yang terdapat di meksiko yaitu nachos, Nachos adalah makanan dari Meksiko, Diciptakan sama seseorang bernama Ignacio Nacho Anaya. Nachos sendiri, dalam bentuk yang paling sederhana, terdiri dari keripik tortilla yang disiram dengan keju cair dan ditebari cabe jalapeno cabe hijau berukuran besar khas Meksiko. Nachos ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka di bar atau restoran di Amerika.


Nachos ini biasanya dihidangkan di piring dan ditambahkan dengan daging, kacang, dan keju parut. Kemudian dimasukkan ke dalam microwave sehingga membuat keju meleleh. 

Gambar 2.2 Makanan khas meksiko “Nachos”
Ada juga piramid yang ada di meksiko yaitu piramid teotihuacan. “Teotihuacan” diambil dari bahasa Aztec Nahuatl, yang berarti tempat kelahiran dewa. Menurut legenda orang Aztec, disinilah para dewa berkumpul untuk merancang penciptaan kehidupan. Selain itu, nama Teotihuacan juga digunakan untuk merujuk kepada kerajaan yang menguasai wilayah lembah ini, yang pada masa keemasannya mencakup sebagian besar Mesoamerika. Pada masanya, Teotihuacan merupakan sebuah kota yang berkembang pesat dan menjadi pasar seremoni, jauh sebelum suku Aztec mendiami wilayah Meksiko berabad-abad sebelumnya. Pada puncak kejayaannya, Teotihuacan kemungkinan adalah kota terbesar di Meksiko dan ke-6 terbesar di dunia pada era 650M. 



Kota tersebut memiliki luas keseluruhan 12,8 KM persegi, area yang lebih besar dari Kekaisaran Roma. Suku Aztec menyebut jalan utamanya sebagai jalan kematian dan mereka menamai dua piramida terbesar sebagai Piramida Matahari dan Piramida Bulan. Piramida Matahari terletak di La Calzada de los Muertos (Avenue of the Dead), di antara Ciudadela dan Piramida Bulan. Piramida ini adalah yang paling tinggi di kompleks Piramida Teotihuacán. Bangunan suci yang memiliki tinggi 220 kaki dan luas 650 kaki persegi ini pada masanya memiliki sebuah kuil terbuat dari kayu di puncak piramid, yang memberikan pemandangan yang spektakuler bagi para pendeta Teotihuacan untuk melihat kota di bawahnya. 

Gambar 2.3 Piramid Teotihuacan





Di meksiko juga ada wisata pantai, yaitu pantai Cancun. Cancun merupakan pantai yang terletak di bagian selatan Meksiko, di negara bagian Quintana Roo, Munisipalitas Benito Juarez. Pantai tersebut terletak di pesisir pantai laut Karibia. Wisatawan dapat menyusuri pasir putih yang terhampar sepanjang pantai bersama dengan pasangan.

Gambar 2.4 Pantai Cancun
Nama ‘cancun’ berasal dari bahasa Meksiko kuno yang berarti ular emas. Walaupun nama pantai Cancun seperti binatang buas, di sana kita tidak akan menemukan ular. Pantai Cancun akan terlihat seperti ular yang meliuk – liuk berwarna keemasan karena pantulan cahaya sunset jika kita melihatnya dari atas tebing di sore hari.


BAB III
KESIMPULAN  



Negara Meksiko bersuku asli Indian bangsa Aztec. Pada abad ke-16,Spanyol menguasai wilayah Meksiko sehingga bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Spanyol. Meksiko pernah dijajah bangsa Amerika dan Perancis juga. Penduduk Meksiko terdiri dari suku Mestizo, Indian, Amerika, Kaukasia,dan orang kulit hitam. Agama yang dianut oleh bangsa Meksiko yaitu Katholikroma 89%, Islam 5%, Protestan 6%. Pendidikan multikultural di negara Meksiko kurang diperhatikan dalampendidikan formal terbukti dengan kurangnya toleransi antar suku. Meksiko tergolong masyarakat yang masih terkotak-kotak karena dalam dunia pendidikandari kaum Indian dilarang menempuh pendidikan. Negara dengan penganut Katolik Roma sebesar 89% ini masih bersikap tradisional dengan menganggap kelas sosial atas harus dihormati dan disanjung. Hal ini sebagai kepercayaan bahwa yang berada dalam status sosial tinggi merupakan salah satu pemegang otorisasi dalam segala aspek kehidupan.Meksiko mempunyai banyak ciri khas lainya seperti dari segi makanan ataupun tarian.     

DAFTAR PUSTAKA


https://id.wikipedia.org/wiki/Meksiko Diakses tanggal 10 November 2015
http://www.jalansanasini.com/5-destinasi-menarik-di-meksiko.html Diakses tanggal 10 November 2015
http://www.kompasiana.com/fanargiant/destinasi-wisata-meksiko-yang-patut-dikunjungi_551f56a7813311466e9de125 Diakses tanggal 10 November 2015
http://gambarwisata.com/teotihuacan-komplek-piramida-terbesar-dunia-di-meksiko/ Diakses tanggal 10 November 2015
http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/5318/keren-ada-museum-seni-di-bawah-laut-karibia  Diakses tanggal 10 November 2015
http://www.bglconline.com/2014/09/budaya-dan-tradisi-meksiko/ Diakses tanggal 10 November 2015
http://satyanugraha615.blogspot.co.id/2015/04/negara-meksiko-mexico.html Diakses tanggal 10 November 2015





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESAKTIAN PANCASILA

Suku Kajang Bulukumba